Laman

Awas, Sarapan Sereal Bisa Bikin Anda Tambah Gemuk


img 

Semangkuk sereal bisa dibilang sarapan yang sempurna, khususnya bagi Anda wanita pekerja atau memiliki anak usia sekolah yang harus bergegas mengisi perut di pagi hari. Sarapan sereal memang cepat dan mudah disajikan, ditambah rasanya yang enak serta bisa memenuhi kebutuhan gizi secara instan sebelum memulai hari.

Namun sereal bisa jadi penyebab kegemukan jika pemilihan dan cara konsumsinya tidak tepat. Ini enam kesalahan yang harus dihindari saat Anda memilih sereal sebagai sarapan pagi, seperti dilansir Shape.

1. Pakai Mangkuk yang Terlalu Besar
Jika Anda memperhatikan informasi nilai gizi di kotak kemasan sereal, saran penyajian porsi adalah 3/4 sampai 1 1/4 cangkir. Ini yang jarang orang perhatikan, mereka kerap menuangkan sereal banyak-banyak tanpa menghitung jumlah takaran. Jika menggunakan mangkuk ukuran besar, Anda cenderung akan menuangkan sereal lebih banyak dari jumlah takaran saji dan, whala! Sebanyak 400 kalori sudah masuk ke tubuh Anda, belum termasuk susu cair. Padahal, untuk sarapan hanya diperlukan 120 sampai 200 kalori saja.

2. Terlalu Banyak Memasukkan Bahan Tambahan
Makan sereal tentunya akan lebih enak jika ditambahkan taburan kacang-kacangan. Almond, pistachio, hazelnut, mede atau kenari (walnut) memang menawarkan lemak dan protein sehat. Tapi kacang juga mengandung kalori yang tidak sedikit. Dua sendok makan walnut sudah memiliki 100 kalori. Jadi ingat, jangan terlalu banyak menambahkan kacang atau bahan lain ke dalam sereal Anda kalau tidak mau berat badan cepat naik.

3. Mangkuk Terlalu Cekung
Seringkali kita sudah menaruh sedikit sereal tapi menuangkan susu terlalu banyak karena merasa belum memenuhi mangkuk. Setelah sampai kepingan sereal yang terakhir dan ternyata masih banyak susu yang tersisa di mangkuk, Anda pun akan menambahkan sereal lagi untuk menghabiskannya. Cara ini salah, ketika masih banyak susu tersisa, langsung teguk dan habiskan, jangan menambahkan sereal lagi. Selain itu untuk mencegah susu tersisa, sebaiknya gunakan mangkuk yang tidak terlalu cekung agar Anda bisa menakar berapa jumlah sereal dan susu yang akan dimakan.
http://www.photographyblogger.net/wp-content/uploads/2009/11/Cereal16.jpg
4. Buah Kering yang Berlebihan
Menambahkan serat dengan buah kering ke dalam sereal adalah cara yang baik. Tapi jadi tidak sehat jika Anda berlebihan memakannya. Buah-buahan kering seperti kismis, kurma, keripik pisang atau ceri kering memang memiliki serat tapi juga tinggi gula serta kalori. Seperempat cangkir buah kering, mengandung lebih dari 100 kalori. Jika ingin memberi rasa dan tambahan serat, cukup taburi satu sendok teh buah kering. Atau jika ingin lebih sehat gunakan saja buah-buahan segar seperti potongan stroberi, pisang atau kiwi. Selain memiliki lebih banyak serat, kandungan airnya juga cukup banyak sehingga bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama.

5. Memakai Susu Full Cream
Semakin banyak lemak di dalam susu, semakin banyak juga kalori yang ada di dalamnya. Satu cangkir susu full cream mengandung 150 kalori. Sementara susu skim atau non-fat hanya 90 kalori. Tapi ingat, jangan terlalu banyak menuangkannya. Cukup 1 hingga 1,5 cangkir setiap makan pagi.

6. Makan Sereal untuk Anak Kecil
Seperti apa sereal untuk anak kecil? Yaitu sereal mengandung gula dengan berbagai rasa, seperti rasa madu, cokelat dan buah. Rasanya memang lebih enak dibandingkan corn flakes atau sereal gandum, tapi mengandung banyak gula dan sedikit nutrisi. Makan sereal bergula di pagi hari hanya akan membuat Anda cepat lapar lagi satu atau dua jam berikutnya. Akibatnya, Anda akan menginginkan lebih banyak makanan yang akhirnya menambah berat badan. Pilihlah sereal yang tinggi serat dan protein untuk menjaga perut terasa kenyang lebih lama hingga saatnya makan siang.
http://www.freefoto.com/images/09/04/09_04_2---Breakfast-Cereal_web.jpg


Betal Boyz Blog 
 


sumber :http://wolipop.detik.com/read/2012/05/14/101005/1916345/849/awas-sarapan-sereal-bisa-bikin-anda-tambah-gemuk

 VIDEO CEWEK BUGIL DI HOTEL

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar